Timnas Amerika Serikat Juara Gold Cup 2021

Timnas Amerika Serikat menjadi juara Gold Cup 2021 usai mengalahkan Meksiko 1-0 lewat gol pada babak tambahan di Stadion Allegiant, Las Vegas, Senin (2/8) siang WIB.
Sebuah sundulan bek tengah Miles Robinson menyambut umpan tendangan bebas Kellyn Acosta pada menit ke-117 memastikan kemenangan timnas AS atas Meksiko di final Gold Cup 2021.

Timnas AS yang menjalan final Gold Cup atau Piala Emas ke-12, merebut gelar ketujuh dan menjadi juara untuk kali pertama sejak 2017. Sukses pada final Gold Cup 2021 juga membalas kekalahan AS dari Meksiko pada final Gold Cup 2019.

Kemenangan ini melengkapi sukses timnas AS atas Meksiko sepanjang 2021. Sebelumnya, AS mengalahkan rival satu konfederasi itu 3-2 pada final CONCACAF Nations League juga lewat babak tambahan.

Sundulan Miles Robinson menjadi penentu kemenangan timnas AS. (Joe Camporeale-USA TODAY Sports)
Sukses AS mengalahkan Meksiko di final Gold Cup 2021 terbilang mengejutkan. Pasalnya, The Yanks yang dilatih Gregg Berhalter tidak diperkuat sejumlah pemain bintang yang bermain di klub-klub Eropa.

Timnas AS tidak diperkuat pemain seperti Christian Pulisic, Timothy Weah, Weston McKennie hingga Sergino Dest yang harus menjalani persiapan pramusim bersama klub masing-masing.

Total hanya ada tiga pemain yang terakhir memperkuat timnas AS pada final CONCACAF Nations League melawan Meksiko pada Juni lalu.

Meski kalah di final Meksiko masih tetap memegang rekor sebagai negara dengan gelar Gold Cup terbanyak, yakni 11 kali.