Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Oman dalam pertandingan uji coba yang berlangsung di Stadion The Sevens, Dubai, Uni Emirat Arab, Sabtu (29/5) malam.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada pukul 19.00 waktu setempat atau pukul 22.00 WIB, Timnas Indonesia mengenakan kostum tandang dengan warna putih kombinasi hijau.

Pratama Arhan yang tampil menjadi starter untuk kali pertama di timnas senior mengancam gawang Oman melalui umpan dari sisi kiri pada menit ke-11.

 

Pemain muda PSIS Semarang itu kembali menghadirkan ancaman dua menit berselang melalui lemparan kedalam yang mampu disundul Kushedya Hari Yudo, namun kiper Faiys Al Rusheidi sigap membaca arah bola.

Ancaman pertama Oman tercipta pada menit ke-16 melalui bola mati. Tendangan bebas skuad Al Ahmar masih bisa diamankan dengan mudah oleh Nadeo Argawinata.

Pertandingan berjalan cukup sengit. Memasuki menit ke-21 terjadi kemelut di depan gawang Oman. Penyelamatan Al Rusheidi mengakhiri situasi tersebut. Berselang empat menit kemudian giliran Nadeo yang melakukan penyelamatan dalam situasi satu lawan satu.

Lima menit jelang waktu normal babak pertama usai, Muhsen Saleh Al Ghassani membobol gawang Timnas Indonesia.

Pelatih Shin Tae Yong menggantikan Rifad Marasabessy dengan Asnawi Mangkualam dan Nadeo, yang sempat mengalami benturan pada babak pertama, diganti oleh Adi Satryo pada awal babak kedua.

Enam menit babak kedua berjalan, Timnas Indonesia menyamakan kedudukan. Evan Dimas yang menjadi kapten dalam laga ini membuat skor imbang 1-1.

Pada pertengahan babak kedua, Shin kembali melakukan pergantian pemain. Firza Andika menggantikan Asnawi, Witan Sulaeman masuk menggantikan Evan, dan KH Yudo diganti Braif Fatari.

Oman kembali unggul pada menit ke-77. Kali ini Khaled Al Hajri yang menuntaskan peluang dari umpan silang.

Al Hajri kembali membobol gawang yang di kawal Adi Satryo setelah menyelesaikan sebuah umpan terobosan pada menit ke-88 sehingga memperlebar keunggulan Oman. Laga berakhir dengan skor 3-1 untuk Oman

Setelah menghadapi Oman, Timnas Indonesia akan memulai laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G dengan melawan Thailand pada 3 Juni. Setelah itu tim Merah Putih akan bertemu Vietnam (7 Juni) dan UEA (11 Juni).