Timnas Malaysia Gagal di Piala AFF 2020, Pelatih Tan Cheng Hoe Mundur

Jakarta – Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) mengumumkan bahwa Tan Cheng Hoe telah resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih timnas senior pada Senin, 3 Januari 2022. Keputusan itu diambil setelah timnas Malaysia gagal lolos semifinal Piala AFF 2020.

Dilansir dari situs resmi FAM, Tan Cheng Hoe telah membahas soal pengunduran dirinya sejak tim asuhannya gagal melaju ke semifinal turnamen tersebut. Malaysia tersingkir setelah kalah 4-1 melawan Indonesia pada laga akhir babak penyisihan Grup B.

“FAM mengucapkan terima kasih kepada Cheng Hoe yang total telah mengabdi selama 14 tahun bersama FAM sejak menjadi asisten pelatih timnas U-20 pada 2005, hingga 2013 sebagai asisten pelatih nasional, dan kembali pada 2017 menjadi asisten pelatih timnas Nelo Vingada,” bunyi pernyataan FAM.

foto

FAM menghormati keputusan pelatih berusia 53 tahun itu setelah kedua pihak mencapai kesepakatan bersama. Selama berada di tim kepelatihan timnas Malaysia, prestasi terbaik yang diraihnya adalah menyabet medali emas SEA Games 2009 dan juara Piala AFF 2010.

Kemudian, saat menjadi pelatih utama, Tan Cheng Hoe membawa Malaysia menjadi runner-up Piala AFF 2018. Terbaru, dia gagal membawa timnya lolos dari babak penyisihan grup di Piala AFF 2020.