Timnas Prancis Tantang Argentina di Final Piala Dunia 2022 Usai Kalahkan Maroko 2-0

TEMPO.COJakarta – Timnas Prancis berhasil mengalahkan Maroko dengan skor 2-0 pada babak semifinal Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium pada Kamis WIB, 15 Desember 2022. Gol Theo Hernandez dan Randal Kolo Muani membawa Les Bleus ke babak final dan menantang Argentina pada Ahad mendatang. 

Maroko menerapkan sistem permainan bertahan dengan serangan balik cepat seperti pertandingan melawan Spanyol dan Portugal.  Namun, skenario Regragui ternyata tak berjalan mulus. Pada menit ke-5, kegagalan pemain bertahan Maroko memutus umpan ke arah Antoine Griezmann menjadi awal petaka tim berjuluk Singa Atlas tersebut.

Griezmann dengan leluasa mengirim umpan ke arah Kylian Mbappe yang mendapatkan pengawalan ketat. Namun, bola mental ke sisi kanan gawang Yassine Bounou. Theo Hernandez yang tak terkawal berhasil memanfaatkan bola muntah menjadi gol. Skor 1-0 untuk Prancis.

Statistik pertandingan babak pertama menunjukkan dominasi penguasaan bola oleh Maroko sebesar 56 persen. Mereka juga mendapatkan dua peluang emas, salah satunya lewat tendangan dari luar kotak penalti Azzedine Ounahi pada menit ke-10. Adapun Prancis, dengan 44 persen penguasan bola, hanya mampu membuat satu peluang tepat sasaran.

Tertinggal satu gol, Maroko tampil menyerang pada babak kedua. Namun, Prancis mampu meredam dengan bermain lebih rapat. Strategi bertahan tersebut membuat para penyerang tim asal Afrika tersebut kesulitan menembus kotak penalti Prancis. Maroko tetap tak banyak menciptakan peluang berbahaya meski mendominasi penguasaan bola.

Melihat para pemain Prancis tertekan, pelatih Didier Deschamps melakukan sejumlah penyegaran. Ia memasukkan Marcus Thuram untuk menggantikan Olivier Giroud. Perubahan ini membuat Mbappe bermain lebih ke tengah untuk mengkreasikan serangan. Di kubu Maroko, pelatih Regragui memasukkan Abderrazak Hamdallah mengganti Youssef En Nesyri untuk memecah kebuntuan di lini depan.

Maroko hanya mampu membuat dua peluang mencetak gol yang masih bisa diblok pertahanan Prancis. Strategi Deschamps justru lebih efektif. Berawal dari tusukan Mbappe yang menerobos tiga pemain bertahan Maroko, tendangannya yang berubah arah berhasil dimanfaatkan Randal Kolo Muani menjadi gol pada menit ke-79. 

Prancis mendikte permainan setelah gol kedua tercipta. Maroko mengurung pertahanan Les Bleus meski gagal membuat umpan terakhir yang sempurna untuk dikonversi menjadi gol. Pada menit ke-93, Maroko mendapatkan peluang emas tetapi tendangan Hamdallah masih mampu diblok Jules Kounde. 

Penguasaan 62 persen bola buat Maroko tak berarti apa-apa. Prancis mampu mempertahankan keunggulan hingga pluit panjang dibunyikan. Les Bleus menang 2-0 sekaligus menghentikan kejutan timnas Maroko di Piala Dunia 2022.