Tips Menetralkan Makanan yang Terlalu Pedas

TEMPO.COJakarta – Makanan pedas adalah godaan buat sebagian orang. Tapi, para penikmat makanan itu juga kadang merasa kepedasan yang membuat lidah, tenggorakan, hingga perut terasa terbakar. Rasa pedas berlebihan juga bisa mengganggu sistem pencernaan, salah satunya diare. 

Jika Anda merasakan kepedasan saat makan, ada beberapa tips untuk mengatasinya. Berikut di antaranya. 

Tambahkan lebih banyak bahan  
Cara termudah untuk mengurangi kepedasan adalah menambahkan lebih banyak bahan lain untuk mengurangi proporsi unsur pedas. Jika berupa sup atau rebusan, coba tambahkan lebih banyak cairan. Tambahkan juga lebih banyak sayuran, protein, atau bahan apapun yang ada di sekitar. 

Tambahkan susu 
Produk susu sangat bagus untuk menangkal rasa pedas dan dapat menambah efek pendinginan yang menyenangkan. Anda dapat menambahkan susu, krim asam, atau bahkan sesendok yogurt tawar pada setiap sajian.  

Tambahkan asam 
Untuk mengatasi rasa pedas, banyak hidangan menggunakan asam dalam jumlah banyak dari jeruk, cuka, atau bahkan saus tomat. Satu sendok makan kandungan asam ini benar-benar dapat melakukan keajaiban untuk menyeimbangkan dan menangkal rasa pedas. 

Tambahkan pemanis 
Seperti asam, gula, atau pemanis lain, menambahkan unsur rasa berbeda yang bisa menjinakkan rasa pedas. Tapi jangan berlebihan hingga membuat hidangan seperti makanan penutup. 

Tambahkan mentega atau selai 
Ini adalah trik menyenangkan. Selain almond dan selai kacang, bisa juga ditambahkan mentega ke makanan. Mereka tidak hanya akan meningkatkan rasa tetapi juga menonjolkan dan meningkatkan kekayaan hidangan.  

Sajikan dengan makanan hambar dan bertepung 
Katakanlah hidangan yang terlalu pedas terasa sempurna dan Anda tidak ingin mengutak-atiknya dengan menambahkan bahan lain. Solusi sederhananya adalah menyajikannya dengan sesuatu yang hambar dan bertepung agar saat dimakan bersama bumbunya sedikit menyebar. Taruhan terbaik adalah menyajikan makanan pedas dengan nasi, pasta, roti kering, atau bahkan kentang.