Top 3 Dunia: Penolakan Masjid di Korea Selatan, Menteri Jepang Mundur, Balita Diperkosa

TEMPO.COJakarta – Berita Top 3 Dunia pada Rabu, 28 Desember 2022, membahas tentang protes warga Korea Selatan atas pembangunan masjid di Daegu, yang diprakarsai oleh migran Muslim.

Tak kalah menarik adalah tentang Menteri Rekonstruksi Jepang Kenya Akiba mengajukan surat pengunduran diri empat bulan setelah dilantik.

Berita terpopuler adalah kisah nestapa balita di India yang menjadi korban perkosaan. Pelaku menculik balita itu, yang merupakan putri pasangan buruh harian, saat korban sedang di luar rumahnya untuk bermain.

Warga Korea Selatan Lemparkan Kepala Babi, Protes Pembangunan Masjid

Pembangunan masjid di wilayah Daehyeon-dong di Daegu, Korea Selatan ditentang oleh penduduk setempat. Mereka memprotes pendirian masjid yang diprakarsai oleh beberapa migran Muslim. 

Berdasarkan laporan di Korea Herald, pada 15 Desember, penduduk setempat berkumpul untuk merayakan pesta dan memanggang babi di lokasi pembangunan masjid yang diusulkan. Hal itu sebagai bentuk protes atas pembangunan masjid beberapa anggota komunitas Muslim yang tinggal di Korea Selatan.

Pembangunan masjid tersebut ditentang keras oleh warga Korea setempat. Mereka telah membentuk komite anti-masjid Daegu.

Baru 4 Bulan Menjabat, Menteri Rekonstruksi Jepang Mengundurkan Diri

Menteri Rekonstruksi Jepang Kenya Akiba mengajukan surat pengunduran diri kepada Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada Selasa, 27 Desember 2022. Akiba adalah menteri keempat yang meninggalkan kabinet bentukan Kishida pada Agustus 2022 lalu.

“Saya mengambil tanggung jawab saya dengan sangat serius sebagai orang yang menunjuk (menteri). Dengan mengemban tanggung jawab politik saya, saya berharap dapat memenuhi tugas sebagai perdana menteri,” kata Kishida kepada wartawan setelah memastikan bahwa Akiba telah mundur.

Tiga menteri lainnya mundur secara berurutan karena skandal, ada juga yang melibatkan pendanaan dan hubungan dengan Gereja Unifikasi.

Hubungan dekat Partai Demokrat Liberal yang berkuasa di Jepang dengan kelompok agama tersebut terungkap setelah pembunuhan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dan telah dikutip oleh responden jajak pendapat publik sebagai alasan di balik rendahnya peringkat persetujuan Kishida.

Balita Perempuan di India Diperkosa

Laki-laki asal Delhi, India yang tertangkap kamera keamanan (CCTV) pada Minggu lalu menculik seorang balita perempuan usia empat tahun. Pelaku melakukan perkosaan kemudian meninggalkannya di dekat sebuah taman.

Pada Senin, 26 Desember 2022, Kepolisian India mengkonfirmasi pelaku sudah ditangkap dan teridentifikasi bernama  Anil Pathak. Saat ini, terdakwa sedang diinterogasi, sementara korban dilaporkan berjuang agar bisa tetap hidup di rumah sakit.

Kejahatan itu persisnya terjadi di daerah Bhalswa Dairy di wilayah pinggir utara Delhi pada Rabu, 21 Desember 2022. Polisi mengatakan Pathak menculik balita itu, yang merupakan putri pasangan buruh harian, saat korban sedang di luar rumahnya untuk bermain.