Toyota bZ4X Rilis 10 November 2022, Harga Tembus Rp 1 Miliar?

TEMPO.COJakarta – PT Toyota Astra Motor (TAM) akan meluncurkan mobil listrik pertama mereka, Toyota bZ4X pada Kamis, 10 November 2022. Meskipun belum ada informasi resmi mengenai mobil listrik ini, namun Tempo mendapatkan bocoran bahwa mobil ini bakal dijual dengan harga tembus Rp 1 miliar.

“Infonya lebih dari Rp 1 M,” kata seorang pramuniaga dealer Toyota di Jakarta, saat dihubungi Tempo hari ini, Selasa, 8 November 2022.

Pramuniaga tersebut juga mengungkapkan bahwa dealer Toyota belum membukan open inden untuk mobil listrik bZ4X. Kemudian disebutkan juga bahwa suplai unit untuk Toyota bZ4X ini baru akan tersedia tahun depan.

“Belum bisa ambil inden karena nomor suffixnya belum ada dari pusat, jadi enggak bisa input. Suplainya juga masih tahun depan,” jelasnya.

Bicara spesifikasi, Toyota bZ4X akan dilengkapi dengan baterai Lithium-ion 71,4 kWh. Toyota mengklaim baterai ini bisa diisi ulang secara cepat (80 persen) dalam waktu 30 menit.

Model ini menawarkan motor listrik tunggal untuk varian penggerak depan yang mampu menempuh jarak 500 km, dan penggerak semua roda (all wheel drive) yang memiliki daya jelajah hingga 460 km.

Pada jenis SUV listrik pertama, mobil baru ini dikabarkan bakal menggunakan motor tunggal 150 kW. Sedangkan pada model penggerak semua roda, Toyota bZ4X bakal dilengkapi dengan motor 80 kW di setiap poros.

Bicara performanya, model penggerak roda depan nantinya bisa mengeluarkan tenaga sebesar 204 hp dan torsi puncaknya mencapai 265 Nm. Sedangkan, versi penggerak semua roda mampu menghasilkan tenaga sebesar 215 hp dan torsi puncaknya menyentuh angka 336 Nm.