Ukraina vs Inggris: Dua Masalah Besar di Kubu Tiga Singa

 

Menjelang pertandingan babak perempat final Euro 2020 (Euro 2021) Ukraina vs Inggris, Gareth Southgate menghadapi dua masalah besar mengenai susunan pemain.

Dalam babak perempat final, Southgate harus memperhitungkan perihal akumulasi kartu guna menghindari hukuman larangan tampil yang menghantui empat pemain serta problem cedera.

Saat ini Harry Maguire, Declan Rice, Phil Foden, dan Kalvin Philips sudah mengantongi satu kartu kuning. Maguire, Rice, dan Philips mendapat kartu kuning saat laga melawan Jerman di babak 16 besar, sementara Foden dihadiahi kartu kuning ketika menjalani laga pertama melawan Kroasia.

 

Jika empat pemain tersebut mendapat kartu kuning lagi di perempat final, maka dipastikan akan absen di semifinal.

Dengan risiko seperti itu, Southgate kemungkinan akan melakukan rotasi. Mason Mount, Jordan Henderson, dan Tyrone Mings dijagokan bakal mengisi posisi starter dalam laga Ukraina vs Inggris.

Kesempatan tersebut juga bisa menjadi momen istirahat bagi Philips yang selalu bermain dan tidak pernah diganti dalam empat laga sebelumnya.

Mount dan Henderson sudah pernah mendapat menit bermain. Mount jadi starter dalam dua laga awal Inggris, sementara Henderson jadi pemain pengganti di dua laga terakhir The Three Lions. Mings pun menjadi pilihan utama sebelum Maguire pulih dari cedera dan dimainkan melawan Republik Ceko.

Inggris saat ini kembali masuk bursa tim favorit di Euro 2020 setelah menundukkan Jerman di babak 16 besar. Seandainya menang lawan Ukraina di babak perempat final, maka Southgate dan anak asuhnya akan bertemu pemenang laga Republik Ceko atau Denmark di semifinal.Sedangkan masalah cedera dialami Kieran Trippier. Pemain Atletico Madrid ini mengalami gangguan otot. Guna menggantikan Trippier, Southgate bisa memilih Reece James atau Kyle Walker.

Inggris belum pernah meraih gelar juara Piala Eropa. Catatan terbaik Inggris di ajang bergengsi Benua Biru tersebut adalah menempati peringkat ketiga Euro 1968 yang hanya diikuti empat negara.