Uniknya Kiper Arsenal: Kantongi Rp 327 Ribu dari Koin yang Dilempar Fan Leeds

Terdapat kejadian unik saat Arsenal bertandang ke markas Leeds United dalam lanjutan Liga Inggris 2021/22, Minggu (19/12). Kiper The Gunners, Aaron Ramsdale berhasil mengantongi uang sebesar Rp 327 ribu dari koin yang dilempar fan tuan rumah.

Hal tersebut diungkapkan Ramsdale saat tampil di acara podcast kiper Watford, Ben Foster. Ramsdale menyebut bahwa para suporter Leeds mulai melempari benda-benda, termasuk koin saat Arsenal berhasil mencetak gol pertama.

Saat itu, Ramsdale begitu kegirangan melihat timnya unggul berkat gol Gabriel Martinelli di menit ke-16. Kiper berusia 23 tahun ini lantas merayakan gol tersebut di depan suporter Leeds.

Pemain Arsenal Gabriel Martinelli berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Leeds United di Elland Road, Leeds, Inggris, Sabtu (18/12). Foto: Action Images via Reuters/Jason Cairnduff

Pendukung tuan rumah pun nampak geram. Hingga akhirnya, mereka meluapkan amarahnya dengan melemparkan sejumlah benda ke arah Ramsdale.

“Setelah [gol] pertama, ada beberapa botol dan barang-barang yang dilemparkan, beberapa korek api, dan saya meletakkannya ke samping,” kata Ramsdale dalam podcast Ben Foster dikutip dari Sport Bible.

“Hal berikutnya yang Anda tahu, uang mulai berdatangan. Saya melihat-lihat dan ada satu koin dua poundsterling (sekitar Rp 38 ribu) – well, saya mengumpulkan koin dua poundsterling, jadi saya mengambilnya.”

“Lalu ada 1 poundsterling dan 50 pence, jadi saya mengambilnya dan saya meletakkannya di dekat handuk saya, [lalu] setelah babak pertama, saya membungkusnya di handuk saya, saya lari dan menaruhnya di ruang ganti,” lanjutnya.

Kiper Arsenal Aaron Ramsdale melakukan penyelamatan bola saat hadapi Leicester City, di Stadion King Power, Leicester, Inggris, Sabtu (30/10). Foto: Michael Regan/Getty Images

Memasuki babak kedua, Ramsdale menuturkan bahwa dirinya kembali mendapat perlakuan serupa. Bahkan, terdapat rokok elektrik yang dilempar pendukung Leeds sesaat sebelum penalti Raphinha.

“Babak kedua dimulai, beberapa lagi datang, dan kemudian ada rokok elektrik yang dilempar tepat sebelum penalti,” beber kiper asal Inggris ini.

“Jadi saya berbicara dengan Kalvin Phillips [gelandang Leeds United], mengatakan ‘penggemar Anda pasti kaya’. Saya dapat sekitar 17 poundsterling (sekitar Rp 327 ribu) dari lapangan. Dan saya melewatkan sejumlah uang – saya tidak bisa mengambil semuanya – itu sekitar 17 poundsterling yang saya bawa,” tandasnya.

Terlepas itu, duel antara Arsenal dan Leeds United berkesudahan 4-1 untuk tim besutan Mikel Arteta. Dalam laga tersebut, Ramsdale mencatatkan masing-masing satu penyelamatan dan high claims.