Vietnam vs Indonesia: Melawan Kutukan Park Hang Seo

 

Timnas Indonesia memiliki catatan buruk ketika berhadapan dengan skuad Vietnam yang dilatih Park Hang Seo di berbagai ajang.

Skuad Merah Putih boleh saja unggul head to head melawan Vietnam, namun kemenangan terakhir tim Garuda atas The Golden Star diraih pada 2016 ketika Stefano Lilipaly mengalahkan Vietnam yang kala itu masih dilatih Nguyen Hu Thang.

Sejak Park menjadi juru latih timnas Vietnam, ada empat pertemuan dengan Indonesia di berbagai kelompok umur.

Pertemuan pertama terjadi di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 yang berlangsung Maret 2019. Gol tunggal Trieu Viet Hung pada menit akhir laga membuat Indonesia kalah dan kehilangan daya saing berebut tempat di puncak grup setelah sempat kalah 0-4 dari Thailand.

Usai duel tersebut, Vietnam vs Indonesia terjadi di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, pada Oktober 2019.

Pemain-pemain senior Indonesia yang dilatih Simon McMenemy kalah 1-3 dari Vietnam.

Bukti terakhir kemujaraban taktik Park adalah di ajang SEA Games Filipina yang berlangsung Desember 2019. Dalam pertemuan di fase grup, Timnas Indonesia sempat unggul lebih dulu berkat gol Sani Rizki Fauzi, namun gol Nguyen Thanh Chung dan Nguyen Hoang Duc membuat Vietnam berbalik menang.

Partai perebutan emas SEA Games 2019 kembali mempertemukan anak asuh Park dengan anak asuh Indra Sjafri. Di laga final, Indonesia kalah telak 0-3.Selama empat tahun menangani Vietnam, Park juga sudah empat kali bertemu Malaysia dan Thailand. Namun hanya Indonesia yang belum pernah mengalahkan Vietnam asuhan Park.