Wonderkid AS Roma Cristian Volpato Tolak Panggilan Timnas Australia untuk Piala Dunia 2022

TEMPO.COJakarta – Bintang muda AS Roma, Cristian Volpato, menjadi sorotan setelah menolak panggilan untuk tampil bersama Timnas Australia di Piala Dunia 2022. Pelatih Graham Arnold telah mengumumkan daftar 26 pemain yang akan dibawanya ke Qatar sekaligus membenarkan bahwa Volpato menolak panggilan untuk bergabung dengan The Socceroos.

Arnold mengungkapkan bahwa pemain gelandang itu menolak tawaran untuk mewakili Australia pada menit-menit terakhir penentuan pemain. “Saya cukup sering berkata kepadanya (Volpato) bahwa dia termasuk ke dalam daftar 26 pemain itu. (Namun) dia masih ingin memikirkannya terlebih dahulu,” kata dia dikutip dari Doha News.

“Dia ingin berbicara dengan orang-orang terdekatnya yang telah membantunya memilah apa yang terbaik untuk kariernya. Semalam dia kembali dan menolak tawaran untuk datang dan bermain bersama Australia di Piala Dunia. Pada akhirnya itulah keputusan yang dia pilih,” kata pelatih asal Australia itu.

Tahun lalu, pemain berusia 18 tahun itu mulai masuk ke dalam tim utama AS Roma di bawah asuhan Jose Mourinho. Dalam sembilan penampilannya bersama tim berjuluk Giallorossi, dia telah mencetak dua gol dan satu assist, sedangkan bersama Primavera Roma, dia telah mengoleksi 12 gol dalam 36 penampilannya.

Melalui postingan Instagram story pribadinya, Volpato menjelaskan alasan dibalik keputusannya untuk menolak panggilan Australia untuk ke Qatar. “Saya telah melihat banyak spekulasi tentang keputusan yang seharusnya saya ambil di tingkat internasional. Kenyataannya adalah saya masih berada di awal karier porfesional saya dan tengah ingin berfokus untuk melanjutkan proses itu (berkembang sebagai pemain profesional) di Roma,” kata dia.

Selain itu, pemain kelahiran Sidney itu juga mengatakan bahwa dengan membuat keputusan yang tergesa-gesa, malah akan menimbulkan resiko yang tinggi untuk masa depan internasionalnya di dunia sepak bola.

“Masih tersedia banyak waktu bagi saya untuk memutuskan apa yang tepat bagi saya. Dan saat ini, saya hanya ingin fokus dan terus bekerja keras setiap hari untuk terus berkembang sebagai pemain,” tulis Volpato dalam Instagram story.

Adapun pelatih AS Roma, Jose Mourinho, juga memberikan komentarnya terkait keputusan dari anak asuhannya itu. “Itu adalah pilihan pribadi (Volpato), sehingga tidak ada kepentingan dengan klub. Saat ini adalah awal kariernya dan dia ingin tumbuh di Roma,” kata mantan pelatih Chelsea dan Inter Milan tersebut.

“Masa ini adalah proses perkembangannya dengan dia harus fokus pada masa depan. Seseorang ingin mempercepat proses yang seharusnya tidak dipercepat,” kata Mourinho